Powered by Blogger.

Tips dan Trik Mengolah Makanan Yang Dibakar Agar Tidak Menyebabkan Kanker

Bagi anda yang menyukai makanan dengan di bakar, mungkin anda tidak mengetahui bahwa dengan mengkonsumsi makanan dengan di bakar dapat miningkatkan 60% resiko terkena kangker. Isu tentang makanan bebakaran dapat menyebabkan kanker ternyata bukan isapan jempol belaka. Menurut para ilmuwan, memang ada hubungan antara makanan yang dibakar dengan penyakit kanker.


Jagat Resep - Namun jangan takut, karena sebenarnya ada trik yang bisa dilakukan untuk mencegah dan menghindari penyakit kanker saat menyajikan makanan yang diolah dengan cara dibakar. Dikatakan di dalam Reader Digest, seringkali mengonsumsi makanan yang dibakar dapat meningkatkan 60% resiko terkena kanker pankreas. Hasil penelitian dari University of Minnesota terhadap 62 ribu orang membuktikan bahwa memasak daging dengan temperatur yang sangat tinggi menyebabkan terlepasnya zat kimia yang disebut HCAs dan PAHs , nah zat tersebutlah yang tergolong zat karsinogen, dan dapat memicu kanker di dalam tubuh.

Ada solusi yang disarankan oleh para ilmuwan untuk mencegah makanan yang dibakar menyebabkan kanker di dalam tubuh. Simak beberapa tips berikut ini :
  1. Triknya adalah dengan memilih daging yang tidak terlalu berlemak. Daging yang berlemak saat dibakar akan meneteskan lemak sehingga api akan membakar daging serta menciptakan asap berlebihan, di sini pula proses zat karsinogen terbentuk.
  2. Lebih baik pilih daging yang mengandung sedikit lemak dan dimasak dengan temperatur sedang. Cara ini jauh lebih baik untuk mencegah terbentuknya zat karsinogen.
  3. Rendamlah daging di dalam bumbu terlebih dahulu. The American Institute for Cancer Research mengatakan bahwa merendam daging dalam bumbu setidaknya 30 menit lamanya dapat mengurangi pembentukan zat karsinogen. Pun demikian, hati-hati juga memilih bahan bumbu. Pilih bumbu tradisional dan alami untuk menurunkan kadar HCAs di dalam bakaran daging.
  4. Hindari juga memasak daging dalam waktu terlalu lama di atas temperatur tinggi, karena daging yang terpapar panas terlalu lama juga akan memberikan kesempatan pembentukan zat karsinogen.
  5. Sebaiknya iris daging tipis, sehingga tidak dimasak terlalu lama.
  6. Hindari mengonsumsi daging olahan yang dibakar untuk mengurangi resiko terkena kanker. Penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi daging olahan yang dibakar dapat meningkatkan resiko terkena kanker.
  7. Pilih panggangan yang tidak langsung bersentuhan dengan api. Pembakaran cara ini akan membantu menghindarkan daging terbakar dan membentuk zat penyebab kanker.
Jadi jangan takut mengonsumsi makanan bebakaran ya. Asal dimasak dengan teknik yang benar, Anda masih bisa memetik gizi dan nutrisi dari makanan tersebut.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Tips dan Trik Mengolah Makanan Yang Dibakar Agar Tidak Menyebabkan Kanker di blog Jagat Resep jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :