Cara Membuat Sate Bandeng (Banten)

Siapa yang tidak mengenal ikan. Makanan yang kaya protein ini banyak kita jumpai di mana-mana. Jagat Resep kali ini menyajikan Resep Masakan Ikan. Untuk anda penggemar masakan ikan ini salah satu resepnya. Cara Membuat Sate Bandeng (Banten), silahkan dipelajari dan dipraktekkan di rumah. Selamat mencoba semoga bermanfaat.


Cara Membuat Sate Bandeng (Banten)

Bahan :
1 ekor bandeng, ukuran sedang
4 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Dihaluskan :
7 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 buah cabai merah kriting
1 ½ sdt ketumbar
½ sdt jintan
2 cm lengkuas
2 cm kunyit
50 gram kelapa sedang, parut, sangrai
1 sdm gula pasir
30 ml air asam jawa
2 butir telur, kocok lepas
100 ml santan kental
Daun pisang untuk membungkus
Bambu untuk menjepit

Cara Membuat Sate Bandeng (Banten) :
Bersihkan bandeng, kemudian patahkan tulang ekornya. Tarik keluar tulang punggung bandeng melalui lubang insang.
Pukul-pukul badannya supaya daging terlepas dari kulitnya, kemudian keluarkan dagingnya dengan bantuan sendok kecil. Cincang daging bandeng, kemudian sangrai dengan api kecil sampai agak kecil. Sisihkan dan haluskan.
Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum dan matang. Masukkan ikan sangrai, kelapa sangrai, garam, gula pasir, dan air asam jawa. Aduk rata, angkat, biarkan uapnya menghilang. Masukkan telur dan santan, aduk rata.
Masukkan adonan isi melalui lubang insang dengan bantuan piping bag sampai badan ikan penuh. Jepit ikan bandeng dengan bilah bambu, ikat dengan bambu. Tutup badan ikan dengan sisa adonan, kemudian bungkus ikan dengan daun pisang. Panggang di atas bara api, sambil balik-balik sampai matang dan harum. Angkat, sajikan.
Sajikan untuk 4 orang